Sistem manajemen lingkungan – Sistem manajemen lingkungan sebenarnya hanya sebagian kecil dari sistem manajemen. Sistem ini, bertujuan untuk merencanakan, menjadwal, menerapkan hingga memantau kegiatan terkait peningkatan kinerja lingkungan.

Sistem manajemen lingkungan

Cara Menerapkan Sistem Manajemen Lingkungan Di Perusahaan

Berikut adalah beberapa cara untuk menerapkan sistem manajemen lingkungan :

  1. Melakukan Evaluasi Sistem Manajemen Lingkungan

Ketika sebuah perusahaan yang sudah lama beroperasi ingin memperbaharui sistem manajemen lingkungan, maka ia harus mengevaluasi sistem yang sudah dilakukan. Tujuannya adalah untuk menemukan poin masalah yang diperbaiki.

Bisa saja belum ada masalah baru yang muncul, sehingga tidak perlu melakukan sertifikasi ulang. Namun besar kemungkinan ada beberapa masalah yang hadir karena satu dan lain alasan.

Evaluasi bisa dilakukan secara internal terlebih dahulu, atau langsung melibatkan pihak evaluator dari luar. Hasil evaluasi kemudian dikumpulkan dan dibicarakan bersama.

  1. Menentukan Kekurangan Sistem

Setelah melakukan evaluasi, akan ditemukan beberapa kekurangan atau masalah di perusahaan. Kekurangan yang sudah dibicarakan bersama ini kemudian disusun menjadi laporan evaluasi atau catatan perbaikan.

Kekurangan ini bisa berasal dari sumber daya manusia. Misalnya karyawan, yang kurang baik cara kerjanya.

Atau kekurangan dari bahan dan alat yang digunakan. Contohnya kualitas bahan yang buruk sehingga mengakibatkan residu terlalu banyak. Bisa juga mesin yang terlalu tua sehingga asap berlebihan dan lain sebagainya.

  1. Membuat Rencana Perbaikan

Berdasarkan dokumen atau laporan yang berisi kelemahan sistem tersebut, dapat disusun rencana perbaikan. Jika memang masalah tidak dikuasai dan belum dapat ditemukan pemecahannya oleh para petinggi perusahaan, maka perusahaan bisa menggunakan jasa lembaga atau yang ahli dalam bidang tersebut.

Sebagai contoh pimpinan tahu bahwa mesin bermasalah. Namun ia belum dapat memutuskan apakah harus melakukan perbaikan atau penggantian alat.

Ia bisa berkonsultasi pada ahli mesin dan ahli keuangan. Tujuan dipanggilnya ahli mesin adalah menjelaskan kerusakan dengan rinci dan menyimpulkan tindakan terbaik dari segi teknis. Lalu ahli keuangan bisa menghitung keuntungan setiap tindakan dari segi ekonomis.

  1. Melakukan Penyuluhan Kepada Karyawan

Setelah ditemukan pemecahan masalah, langkah berikutnya untuk menerapkan sistem manajemen ini adalah dengan menyebarluaskan rencana tindakan. Karyawan harus diberi penyuluhan terkait bidang masing-masing.

Ini dikarenakan mereka adalah ujung tombak dari perbaikan itu sendiri. Jadi, mereka harus dilibatkan langsung sebagai penyelesai masalah.

Penyuluhan bisa dilakukan dengan cara diklat untuk mengajari alat baru atau sistem kerja baru. Atau bisa juga dengan cara lain yang lebih sederhana.

Selama masa penyuluhan, karyawan harus diminta untuk memberikan pendapat dan timbal balik. Tujuannya adalah mendengar bagaimana pendapat mereka dan mendeteksi apakah ada masalah baru terkait rencana penerapan sistem baru.

  1. Melaksanakan Perubahan

Langkah terakhir dan terpenting dari sistem manajemen ini, adalah penerapan. Pada tahap ini seluruh bagian dalam perusahaan bekerja bersama- sama.

Mereka saling membantu dan mengawasi agar perubahan terjadi ke arah lebih baik. Ini disebabkan melakukan perubahan bisa jadi merupakan hal yang berat.

Beberapa orang yang sudah terbiasa bekerja dengan satu cara, biasanya sulit beradaptasi dengan cara yang baru. Oleh karena itu, karyawan harus melakukan pembiasaan.

Merela harus diberi waktu untuk bisa berubah dan beradaptasi, agar perusahaan bisa menuju ke arah lebih baik. Penerapan sistem manajemen lingkungan mungkin butuh waktu agak lama.

Cara Menerapkan Sistem Manajemen Lingkungan Perlu Anda Pelajari?

Iya tentunya perlu terlebih lagi untuk anda belum paham akan sistem manajemen lingkungan, Namun jika perusahaan yakin bahwa ini adalah langkah terbaik, maka hasil yang didapat akan sangat memuaskan. Ketika perusahaan berhasil, kredibilitas mereka tidak diragukan, dan kualitas produksi akan meningkat. Pekerjaan juga menjadi lebih efektif dan efisien.

Lihat video menarik tentang umroh berikut :

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai sistem manajemen lingkungan, semoga informasi yang kami sampaikan di atas dapat bermanfaat banyak untuk anda.

Salam sukses – Umroh Murah Bekasi & Jakarta TImur